Kamis, 12 November 2015

Kritik Jurnal

Judul                     : Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi  Stok Obat Pada Apotek   Arjowinangun
Penulis                         : Hanik Mujiati
Sumber                        :  http://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1281



1.      Jenis penelitian sudah tepat menjawab permasalahan yang ada dalam penelitian ini, yaitu jenis penelitian eksperimental dengan desain faktorial.
2.      The problem
1.      Judul jurnal ini sudah sesuai dan jelas, yaitu ingin membahas mengenai perancangan sistem informasi pada sebuah apotek.
2.      Isi abstrak sudah tergambarkan dengan spesifik, representatif dengan isi jurnal, dan dibuat dengan format yang benar.
3.      Latar belakang masalah dalam jurnal ini tidak terdapat landasan teorinya, karena latar belakang sedianya harus mempunyai landasan teori yang gunanya sebagai penguat latar belakang itu sendiri.
4.   Rumusan masalah yang diangkat memiliki kalimat dalam bentuk pertanyaan, seharusnya rumusan masalah memiliki kalimat dalam bentuk pernyataan.
5.      Ide yang diangkat sudah relevan dan penting untuk dibahas.
6.      Dasar teori yang diberikan sudah relevan dengan tujuan penelitian.
7.      Hal yang dikaji dalam kajian pustaka sudah jelas dan lengkap.
8.      Analisis masalah sudah relefan dan menjawab kajian yang dibahas di kajian pustaka
9.      Gambaran umum yang diusulkan sudah lengkap dan jelas sehingga dapat mengatasi permasalahan yang dibahas dalam jurnal ini.
10.  Variabel bebas dalam jurnal ini adalah gaya pengolahan data pada Apotek Arjowiangun.
11.  Variabel terikat dalam jurnal ini adalah hasil perancangan sistem informasi stok obat, hal ini sudah sesuai dengan judul jurnal.
3.      Design Penelitian
1.      Tidak terdapat  metode penelitian, sehingga tidak bisa disesuaikan dengan tujuan penelitian
2.      Tidak terdapat hasil penelitian, sehingga pembaca tidak bisa mengetahui hasil dari gambaran umum yang diusulkan oleh penulis.
3.      Tidak terdapat teknik pengumpulan data, sehingga pembaca tidak dapat mengetahui teknik pengumpulan apa yang digunakan.
4.      Rancangan analisis data sudah tergambar dalam gambaran umum sistem, tetapi tidak dijelaskan mengenai pengujian hipotesisnya.
5.      The Procedure
1.      Perlakuan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini belum digambarkan secara jelas.
2.      karakterisktik pensampelan dalam penelitian ini tidak ada sehingga pembaca tidak dapat memahami karakter pensampelan.
3.      The Measurement
1.      Alat bukti realibilitas dan validitas berupa rancangan program yang akan diterapkan pada Apotek, dan itu sudah cukup baik dan diharapkan memiliki tingkat realibilitas dan validitas yang akurat.
2.      The  Interpretation
1. Kesimpulan dalam jurnal hanya membahas masalah mengenai pengolahan data yang salah pada Apotek dan tidak memberikan kesimpulan mengenai bagaimana perancangan sistem informasi yang akan diterapkan pada Apotek.
2. Saran yang diberikan dalam jurnal ini sudah cukup baik dan membangun.
3. Kurangnya tanda baca dalam jurnal ini sehingga pembaca sulit memahami isi jurnal.



Catatan :
Penelitian ini membahas sebuah peranacangan sistem informasi, namun akan lebih baik penulis bisa menggunakan jenis penelitian eksperimental ini dengan baik dan benar supaya pembaca dapat memahami jurnal ini. Kurangnya tanda baca dan kalimat efektif pada jurnal ini juga harus diperhatikan, karena itu sangat penting dalam jurnal ini. Penilitian ini cukup signifikan, karena perancangan suatu sistem informasi pada suatu data yang akan kita olah itu sangat penting. Dengan adanya sebuah sistem yang mengatur sebuah pengolahan data, maka data yang diolah akan jauh lebih baik dan lebih akurat dibanding dengan pengolahan suatu data dengan sistem konvensional.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar